Pusat perbelanjaan besar sendiri memberikan one-stop shopping untuk segala jenis hal apa pun yang bisa dibayangkan. Ada 10 mall terbesar di dunia berdasarkan jumlah “Leasable Area Bruto”.Sementara itu ketika ledakan bangunan daerah di Asia, dimana harga tanah yang cukup murah dan juga biaya tenaga kerja yang sangat rendah telah diproduksi menjadi pusat perbelanjaan terbesar, hanya dua dari daftar 10 besar mall termegah di dunia yang terletak di luar Asia.

New South China Mall 

New South China Mall

New South China Mall di Dongguan Cina, adalah salah satu mal terbesar di dunia yang tercatat berdasarkan leaseable area kotor. Mal ini juga memiliki tujuh zona yang meniru kota internasional termasuk juga replika Arc de Triomphe dan juga sebuah kanal dengan gondola. Di mall ini juga memiliki roller coaster indoor dan juga outdoor hal yang tidak dimiliki oleh mall ini adalah pelanggan. Sejak saat mall ini buka yaiyu pada 2005 mal menderita karena kekurangan penghuni, bahkan sebagian besar ruang ritel banyak yang kosong dengan hampir 99% toko yang kosong. Daerah yang diduduki yaitu berada pada dekat pintu masuk dimana beberapa tempat makan cepat saji berada. Bahkan mall ini dijuluki sebagai mall hantu terbesar di dunia.

Golden Resources Mall 2

Ukurannya mall ini yaitu sebesar 1,5 kali Mall of America, dan juga Golden Resources Mall yang berada di Cina adalah mall terbesar di dunia 2004-2005. Meskipun pada pengembang mal awalnya memperkirakan bahwa mall akan dikunjungi 50.000 pembeli sehari, dan pada 2004 jumlah tersebut meleset dan sebenarnya jauh lebih kecil, sedikitnya 20 dalam satu jam. Yang menjadi masalahnya adalah karena harga yang ditawarkan barang-barang yang dijual jauh melampaui daya beli warga Cina pada umumnya. Sementara beberapa hambatan lain adalah tidak adanya akses Shopping Mall oleh orang asing karena lokasinya sendiri di luar jantung kota Beijing.

CentralWorld

Mall ini dibuka pada tahun 1990, CentralWorld adalah salah satu bangunan delapan lantai di negara Bangkok,merupakan tempat perbelanjaan terbesar di Thailand saat ini. Mall ini juga dipasarkan sebagai salah satu pusat perbelanjaan masyarakat kelas menengah, yang bertentangan dengan Paragon Siam, yang memang dikhususkan bagi kalangan atas. Pada tanggal 19 Mei di tahun 2011, CentralWorld sendiri merupakan salah satu dari banyak bangunan yang terkena pembakaran oleh protes anti pemerintah. Pada saat itu api berkobar selama dua hari dan juga mengakibatkan department store Zen runtuh. Setelah berbulan-bulan kemudian tempat ini mengalami perbaikan, saat itu kompleks perbelanjaan dibuka kembali juga tanggal 28 September 2011 dimana 80 persen ruang ritel terbuka untuk bisnis.

SM Mall of Asia

SM Mall of Asia

The SM Mall of Asia terletak di Metro Manila, Filipina, awal dibuka pada tahun 2006, mall ini terdiri dari empat bangunan yang dihubungkan semuanya oleh jalan setapak. Pada saat itu ini fitur trem 20-seater yang mengambil pembeli pada sekitar dasar mal. Salah satu yang menjadi atraksi utama pada mall ini adalah IMAX dimana salah satu layarnya sudah 3D. Mall ini juga dilengkapi area Olimpiade es skating.

Dubai Mall

The Dubai Mall merupakan bagian dari Burj Khalifa kompleks, struktur pembuatan manusia tertinggi yang pernah dibangun. Dengan ukuran lebih dari 12 juta kaki persegi sama dengan ukuran lebih dari 50 lapangan sepak bola, maka tempat perbelanjaan Dubai Mall ini adalah pusat perbelanjaan terbesar di dunia berdasarkan dengan luas totalnya tetapi dengan ukuran yang sama dengan Mall West Edmonton bila berdasarkan ruang leaseable.

Mal ini sendiri berisi lebih dari 1.200 toko termasuk juga toko permen terbesar di dunia juga gelanggang es, dan pusat permainan SEGA menampilkan permainan bowling 3D, mencakup sebuah hotel mewah bintang 5, dan ada 22 bioskop layar ditambah dengan 120 restoran dan juga kafe. Mal ini juga mempunyai salah satu aquarium terbesar.

West Edmonton Mall

The West Edmonton Mall di Edmonton, Alberta di Kanada, adalah salah satu pusat perbelanjaan terbesar dari tahun 1981 sampai dengan 2004 dan saat ini merupakan mal terbesar juga di Amerika. Selain memiliki 800 toko dan jasa, mal ini juga termasuk yang memiliki taman hiburan indoor terbesar di dunia ada Waterpark indoor terbesar di dunia dan juga Istana Es versi skala bawah dari gelanggang es NHL. Hiburan lainnya yang ada di mall ini adalah adalah kursus 18lubang golf miniatur, area bowling dan juga golf.

SM Megamall 

Dibuka pada sejak tahun 1991, SM Megamall adalah merupakan satu mal terbesar di Filipina. Mal yang menarik lalu lintas pejalan kaki harian 800.000 orang dengan kapasitas penjualan sebesar 4 juta orang. Mal ini memiliki dua bangunaan yaitu Gedung A untuk bioskop fitur, bowling,makanan dan juga Kerajaan Toy. Sedangkan gedung B fitur toko-toko ritel. Para Bridgeway yang menghubungkan kedua bangunan utama mal berisi beberapa dengan restoran. SM Megamall sendiri saat ini sedang dalam tahap renovasi besar dan ekspansi. Setelah nanti selesai, maka akan dapat mengklaim judul utama dari pusat perbelanjaan tersebut.

Istanbul Cevahir 

Istanbul Cevahir

Terletak pada sisi Eropa Istanbul di Turki, Pusat perbelanjaan ini memiliki Hiburan Cevahir dibuka pada tahun 2005. Merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Eropa dengan 343 toko, 34 restoran makanan cepat saji dan juga memiliki 14 restoran eksklusif di pusat perbelanjaan tersebut. Fasilitas lainnya yang tak kalah keren termasuk panggung besar untuk event juga 12 bioskop, dan ruang bowling, tambahan roller coaster kecil dan beberapa fasilitas lainnya.

Berjaya Times Square

Mall ini terletak di Kuala Lumpur, Berjaya Times Square ini sendiri adalah kompleks menara kembar yang berisi pusat perbelanjaan dan juga dua hotel bintang lima. Dengan luas 7,5 juta kaki persegi 700.000 m²luas lantai dibangun saat ini dan merupakan gedung terbesar kelima di dunia.

Pusat perbelanjaan ini juga mencakup lebih dari 1.000 toko ritel dan juga 65 gerai makanan dan memiliki atraksi hiburan antara lain seperti taman hiburan indoor yang termasuk terbesar di Asia, Dunia Cosmo dan dan pertama kalinya IMAX 2D & 3D di teater Malaysia terletak di lantai tujuh.

Siam Paragon

Siam Paragon berada di Bangkok menjadi salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Thailand. Hanya CentralWorld luasnya lebih besar dibandingkan mall ini mencakup berbagai jenis toko-toko khusus seperti restoran dan juga bioskop multipleks, Siam Ocean World aquarium, dan mempunyai Galeri Seni Thailand dan juga sebuah opera ruang konser. Mall Ini Juga memiliki lorong bowling yang sangat besar dan pusat karaoke.

Westfield London

Westfield London

Sejak pertama kali dibuka pada 10 tahun lalu dengan biaya saat itu mencapai USD 2,3 miliar atau sekitar setara Rp 32,34 triliun asumsi kurs Rp 14.061 per dolar AS, Westfield London sendiri mampu menyambut hampir 250 juta pengunjung dan juga dapat menghasilkan lebih dari USD 12,6 miliar penjualannya pun terus semakin besar kian hari. Selain itu mal ini juga menjadi salah satu pusat ritel terbesar di Eropa saat ini. Mall ini juga nantinya berencana akan membuka tempat bowling, mini-golf indoor juga bersepeda dalam ruangan.

West Edmonton Mall

Diperkirakan dahulu telah menghabiskan dana USD 1,2 miliar atau kurang lebih sekitar Rp 16,87 triliun untuk membangun sebuah pusat perbelanjaan di bagian Amerika Utara yang juga menjadi salah satu negara terbesar di dunia. Mal ini dilengkapi oleh Galaxyland juga taman hiburan indoor yang menjadi terbesar di dunia yang memiliki bahkan 24 wahana yang dapat dinikmati. Selain itu, mal ini juga menawarkan sensasi kolam ombak indoor terbesar di dunia. Tidak hanya itu, terdapat juga sebuah kasino, teater makan malam mewah, hotel kelas dunia dan juga 800 toko dalam mal ini. Mal ini juga menjadi salah satu pusat perbelanjaan yang super lengkap karena anda selain dapat berbelanja,juga dapat bermain dan menginap disana. Pada saat itu dibutuhkan dana sebesar USD 650 juta atau sekitar Rp 9,14 triliun saat itu untuk membangun mal ini pada 1992, dan selanjutnya USD 325 juta atau sekitar Rp 4,57 triliun untuk biaya memperluas mal. Mal ini juga dapat menghasilkan hampir USD 2 miliar dalam pendapatan pertahun untuk negara bagian Minnesota.